TANAMAN DOLAR (Zamioculcas Zamifolia) - GANESHA FLORA

Jual aneka tanaman hias, tanaman herbal, pohon peneduh, pupuk, alat dan media tanam, serta melayani sewa tanaman murah.

TANAMAN DOLAR (Zamioculcas Zamifolia)

Tanaman Dollar (Zamioculcas zamifolia)

Nama latin tanaman yang dikenal dengan tanaman dollar adalah Zamioculcas zamifolia. Berasal dari benua Afrika, di negara Kenya, Tanzania, dan Zanzibar. Tanaman ini termasuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. Di habitat aslinya, Zamioculcas hidup di padang rumput kering dengan tanah berbatu. Sifat aslinya ini membuat tanaman ini tidak merepotkan dalam perawatannya.

Zamiocurcas merupakan tanaman import yang diperkenalkan di Indonesia sekitar tahun 1996. Walaupun sebenarnya di Indonesia sendiri sudah ada jenis lokal yaitu Zamia zamiifolia. Bedanya jenis lokal pertumbuhannya lebih cepat dan sering ditanam di taman karena lebih bersahabat dengan sinar matahari dibanding dengan Zamiocurcas jenis import.

Klasifikasi Tanaman Daun Dollar
  • Kingdom :  Plantae (Tumbuhan)
  • Sub kingdom :  Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi :  Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi :  Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas :  Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas :  Dilleniidae
  • Ordo :  Urticales
  • Famili :  Moraceae (suku nangka-nangkaan)
  • Genus :  Ficus
  • Spesies :  Ficus pumila L.

Karakteristik Tanaman Daun Dollar
Yang menarik dari Zamioculcas zamifolia atau pohon dollar ini adalah daunnya yang mempunyai ciri khas yaitu daun tumbuh sejajar di sepanjang batangnya dengan jarak yang agak jauh dari satu daun ke daun lainnya. Ini salah satu alasan mengapa disebut dengan pohon dollar. Daun berbentuk simetris, tebal karena mengandung banyak air, daun berwarna hijau tua mengkilap. Jumlah daun yang tumbuh tidak banyak. Daya tarik lain adalah pangkal batang yang dapat membesar sehingga membentuk bonggol yang unik. Perlu diketahui bahwa, pohon Zamia mempunyai kelebihan untuk apdatasi terhadap temperatur udara sehingga mampu hidup di wilayah tropis hingga sub tropis.

Itulah sebab mengapa merawat tanaman ini tidaklah sulit, kita hanya perlu menjaga agar media tanam tidak terlalu lembab atau terendam air. selain itu perlu menjadi perhatian agar tanaman ini tidak terpapar sinar mata hari terus menerus tapi cukup sinar matahari pagi. Untuk menjaga keindahan daunnya, lakukan dengan cara menggosok permukaan daun secara perlahan menggunakan kertas tisu yang basah sehingga terlihat bersih dan mengkilap.

Manfaat Tanaman Daun Dollar
Sebagai salah satu tanaman indoor, pohon dollar ini dapat hidup di dalam ruangan yang minim sinar matahari. Untuk menghiasi ruangan, Anda bisa menempatkan tanaman ini dalam ruangan selama 2-3 hari. Setelah berada di dalam ruangan selama periode tersebut, siram dengan sedikit air dan biarkan terkena matahari selama 3 jam. Selanjutnya tanaman bisa diletakkan di dalam ruangan kembali.

Batang daun dollar (Jawa) berkhasiat sebagai obat sakit mencret, ambeien, dan pegal-pegal. Untuk obat ambeien dipakai + 15 gram daun dan batang segar Ficus pumila atau batang daun dollar, dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih selama 15 menit lau dinginkan dan disaring. Hasil saringan diminum sekaligus sehari dua kali pagi dan sore hari.

Mengandung Flavonoid dan polyphenol yang mampu bertindak sebagai antioksidan dan berfungsi menetralisir radikal bebas dan dengan demikian meminimalkan efek kerusakan pada sel dan jaringan tubuh jika diminum. Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif dan tidak stabil akibat telah kehilangan electron.

Bagi Anda yang berminat menanam tanaman ini, Ganesha Flora Bali menyediakan tanaman dengan media tanam tanah subur dalam polybag dan pot. Untuk informasi stok dan harga, silahkan hubungi Contact Person.

Posted by : GANESHA FLORA BALI ~ Jual - Sewa Tanaman Hias.

Semoga Artikel "TANAMAN DOLAR (Zamioculcas Zamifolia)" ini bermanfaat. Kritik dan saran silahkan sampaikan di kolom komentar..

Untuk informasi stok, harga dan pemesanan produk/ jasa, silahkan hubungi WA Support/ Kontak yang tersedia.

Terima kasih atas kunjungan anda!!!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog