MELATI JEPANG (Pseuderanthemum Reticulatum) - GANESHA FLORA

Jual aneka tanaman hias, tanaman herbal, pohon peneduh, pupuk, alat dan media tanam, serta melayani sewa tanaman murah.

MELATI JEPANG (Pseuderanthemum Reticulatum)

Melati Jepang (Pseuderanthemum Reticulatum)

Tanaman Melati merupakan salah satu jenis tanaman hias yang berbunga. Di Indonesia, salah satu jenis tanaman ini yaitu Melati Putih sangat terkenal, bahkan dijadikan sebagai “puspa bangsa” atau simbol nasional. Hal itu dikarenakan bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara Indonesia. Bunga Melati Putih merupakan suatu keharusan sebagai hiasan rambut pengantin dalam upacara pernikahan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda.

Dari sekian banyaknya jenis tanaman melati, salah satu yang banyak dibudidayakan adalah Melati Jepang yang dalam bahasa latinnya disebut Pseuderanthemum Reticulatum. Tanaman hias ini termasuk kedalam kategori tanaman semak yang tumbuhnya tegap.

Sekilas Tanaman Melati Jepang
Sama seperti tanaman Melati lainnya, tanaman Melati Jepang ini juga mempunyai bentuk pohon yang berbatang kecil. Tinggi batang Melati Jepang hanya sekitar 1 sampai 2 meter. Sangat cocok bila digunakan sebagai penghias taman atau halaman rumah. Daun-daunnya terletak berhadap-hadapan dan tumbuhnya berselang-seling. Daun Melati Jepang ini berukuran lebar antara 5–10 cm dan panjangnya dapat mencapai 15 cm. Daunnya berwarna hijau tua atau hijau muda dengan campuran warna kuning, yang telah menambah kesan keindahan dari tanaman ini. Bunga-bunga Melati Jepang terdapat pada satu tangkai yang bulat dan panjangnya sekitar 20 cm. Bunganya ini terdapat di sepanjang tangkai dan merapat pada ujungnya. Bentuk kumpulan bunganya ini, secara keseluruhan merupakan tandan yang ke luar dari ketiak daun. Kelopak bunga berwarna hijau dan mempunyai sela-sela dalam yang menyerupai gigi. Mahkota bunga bentuknya seperti tabung yang pada ujungnya terbuka. Bentuknya bulat telur atau bulat panjang. Warna dari mahkota bunganya ini ungu muda yang hampir berwarna putih susu.

Nama Botani: Pseuderanthemum reticulatum,Nama umum: Golden Pseuderanthemum, Yellow-vena Eranthemum, El dorado, Golden Eldorado, Nama keluarga: Acanthaceae

Etimologi: genus Pseuderanthemum berasal dari pseudes dalam bahasa Yunani, yang berarti 'palsu', yang merupakan nama dari kelompok tanaman yang sangat terkait erat. 'Eranthemum', dari erranos, yang berarti 'cantik', dan anthemon, yang berarti 'bunga'; dan reticulatum, yang berarti 'bersih', mengacu pada venation seperti jaring karakteristik pada dedaunan.

Negara Asal: Berasal dari hutan terbuka Polinesia dan Melanesia. Jenis tanaman: Hias berbunga tropis semak.

Bunga Melati Jepang dapat tumbuh dimana saja. Di dataran rendah bunga ini dapat tumbuh dengan baik begitu juga jika ditanam di dataran tinggi, maka Melati Jepang dapat tumbuh dengan sempurna.

Dalam menanam Melati jenis ini diperlukan beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bunga tumbuh subur dan baik. Hal utama yang harus dipenuhi yaitu adalah tanah, menanam Melati Jepang harus dengan tanah yang tidak mudah digenangi oleh air dan juga mengandung banyak bahan organik. Tempat penanamannya juga harus mempunyai curah hujan rata-rata 112 sampai 119 mm per bulan. Selain itu, kelembaban udara juga harus berkisar antara 50%-80%. Di Jepang, bunga melati ini akan tumbuh dengan baik pada saat cuaca kering dan mendapatkan sinar matahari yang cukup banyak.

Selain memiliki daya tarik keindahan yang kuat, ternyata tanaman ini juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Salah satu contohnya adalah tanaman ini digunakan sebagai bahan baku industri kosmetika, minyak wangi, tekstil, dan penyedap teh. Potensi tersebut dikarenakan oleh kandungan minyak atsirinya yang dikenal bermutu baik, meliputi senyawa-senyawa seperti Livalylacetat, Indol, dan Benzyl.

Selain itu, bunga melati juga bermanfaat dalam terapi-terapi kesehatan, antara lain untuk mengobati penyakit sesak napas, sakit kepala, demam, dan stres. Di pasaran, minyak bunga Melati Jepang dijual bebas dalam dua bentuk, yaitu Minyak Melati dalam bentuk konsentrat dan absolut. Dalam bentuk konsentrat, minyak bunga melati masih banyak mengandung zat warna, lilin, dan berbagai komponen penyusun minyak atsiri, sedangkan dalam bentuk absolut komponen-komponen tersebut telah mengalami pemisahan lebih lanjut atau telah mengalami pemurnian.

Dalam suhu ruangan beriklim tropis, minyak melati konsentrat akan berbentuk padat dan tidak larut dalam alkohol. Akan tetapi, hal ini memiliki keuntungan tersendiri yaitu komponen minyak atsirinya akan terikat dengan bahan lilin yang terdapat dalam minyak sehingga tidak cepat menguap dan tahan lama. Namun, pada kenyataannya justru harga minyak Melati dalam bentuk absolut lebih mahal dan memiliki kemurnian lebih tinggi karena dihasilkan dari proses yang cukup rumit.

Posted by : GANESHA FLORA BALI ~ Jual - Sewa Tanaman Hias.

Semoga Artikel "MELATI JEPANG (Pseuderanthemum Reticulatum)" ini bermanfaat. Kritik dan saran silahkan sampaikan di kolom komentar..

Untuk informasi stok, harga dan pemesanan produk/ jasa, silahkan hubungi WA Support/ Kontak yang tersedia.

Terima kasih atas kunjungan anda!!!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog